Cara Mencegah Terjadinya Penipuan Oleh SPG/Penjaga Toko

Bagi yg sering belanja ke mini/supermarket atau stand-stand jualan, sebelum membeli, cek brosur/promo/pamflet barang yang dijual di toko itu, kalau perlu bawa.

Biasanya ada potongan harga, gratisan, diskon, atau hadiah untuk barang-barang tertentu.

Biasanya pengisian pulsa yang paling sering ada hadiahnya.

Jika barang hadiahnya adalah barang yang dijual di toko itu, sebelum ke kasir bawalah barang hadiahnya, lalu bilang ke penjaga kasirnya. Kalau dia mengelak, segera tunjukkan brosurnya.

Ketika Kita Memperoleh 'Rasa Garam' Dalam Kehidupan Kita...

Sudah ada beberapa kasus menyebalkan di beberapa minimart lainnya dimana penjaga tokonya nilep.

Entah itu dari duit kembalian yang diambil dan diganti barang murah semacam permen yang harganya tidak sebanding, atau di struk kita mendadak ada barang tambahan.

Terkadang ada cara lain apabila promo diskon barang tidak/belum dimasukkan secara otomatis, sehingga si penjaga kasir bisa dengan sengaja/tidak sengaja tidak memasukkan diskon tersebut dalam hitungan.

Jika sudah membeli minuman/snack yang di dalam bungkusnya dapat gratis 1 lagi, ketika kembali ke toko untuk menukar, bawalah teman agar tidak dituduh makan di dalam toko tanpa bayar.

Caranya adalah teman kita tetap di luar selama kita mencari barang yang menjadi gratisannya di dalam toko.

Ketika akan ke kasir, barulah temen kita yang dari awal ada di luar itu masuk dan menunjukkan ke kasir barang bukti memperoleh gratisan 1 lagi untuk ditukarkan di kasir.

Dengan cara ini si kasir/penjaga toko jadi tidak bisa mencari-cari alasan barang yang akan dituker tidak adašŸ˜› .

Selain hal-hal diatas, berhati-hatilah apabila membawa contoh barang yang mau dibeli,Ā JANGAN SERAHKAN barang itu ke SPG/penjaga toko!!!

Karena biasanya mereka hanya orang bayaran yang bergaji kecil yang bisa rawan nilep dagangan atau uang dari pembeli.

Sudah ada beberapa kasus yang dialami oleh beberapa orang, diantaranya ada kasus dimana sang pembeli menyerahkan barang contoh yang ingin dibeli kepada penjaga tokonya, ketika itu si penjaga toko bilang seri barang yang mau dibeli tidak ada.

Sesampai di rumah di pembeli baru sadar barang contohnya ditukar oleh si penjaga toko dengan seri yang berbeda yang jarang laku.

Keesokan harinya ketika akan diminta ditukar kembali, si penjaga toko bersikeras seri yang diminta dikembalikan itu tidak dijual di toko tersebut.

Ia juga bersikeras barang yang dipegang oleh pembeli itu adalah milik si pembeli dari awal, padahal barang contoh yang dibawa oleh pembeli sedari awal adalah barang yang sudah terobek bungkusnya karena sudah dipakai.

Semakin maraknya penipuan di toko-toko, di minimarket dekat kantor salah seorang kenalanku sampai dilakukan pemutaran penjaga toko berkali-kali karena katanya banyak pegawai kantor yang komplain.

Saran saya, apabila ada barang-barang yang bisa dibeli secara online dan jika ditotal biayanya kemudian dibandingkan dengan jumlah pembelian langsung+biaya transport jumlahnya lebih murah atau sama saja, lebih baik dibeli secara online.

Tentu dengan catatan apabila pembelian online tersebut dipegang langsung oleh perusahaan yang bertanggung jawab dan/atau sudah teruji terpercaya (pertama-tama bisa diuji dengan pembelian jumlah kecil).

Kemudian, lebih telitilah jika berbelanja di tempat yang target level konsumennya kalangan menengah kebawah, karena bisa semakin menyebalkan penjual/pengunjungnya.

Jika terpaksa berbelanja di tempat demikian dalam jumlah banyak, bawalah minimal 2 orang teman.

Apabila mendadak escalator mati sedangkan anda membawa belanjaan sampai membutuhkan kereta dorong untuk ke mobil, carilah tempat menunggu yang leluasa namun banyak orang lewat di dekat sana.

Langkah selanjutnya, mintalah bantuan kedua teman anda untuk menyicil barang belanjaan ke dalam mobil (pastikan tempat parkir mobil aman dan berlampu).

Jangan biarkan seluruh tangan teman anda penuh membawa barang belanjaan, agar apabila dihadang penjahat mereka masih dapat dengan cepat melakukan pertahanan/perlawanan.

Jika perlu, mintalah bantuan satpam untuk mengantar, sehingga jauh lebih aman.

Bagi para wanita, ketika membeli kosmetik, tanyakan dahulu apakah ada gratis apa saja untuk pembelian produk tertentu atau pembelanjaan sekian ribu/ratus ribu untuk produk tertentu.

Terkadang ada penjaga toko yang nakal, dimana barang gratisannya diambil oleh si penjaga toko.

Kemudian untuk UMUM, pastikan struk yang diberikan tercantum nama dan no telepon toko yang bersangkutan.

Sehingga jika terjadi apa-apa anda bisa mengajukan komplain langsung kepada pemiliknya.

Sekian share saran dan pengalaman dari saya dan orang-orang di sekitar saya.

Semoga bermanfaat, dan mohon maaf atas kekurangannya.

Apabila ada saran atau cerita atau feedback lainnya, mohon ditulis di bagian komentar yah…Terima kasih~šŸ™‚

Pos ini dipublikasikan di Life dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s